Gulai Ikan Mas

Pagi ini, sebelum mendatangi Tempat Pemungutan Suara Pilkada wali/wakil wali-kota Madya Bogor, setelah pulang dari stasiun KA mengantarkan Istri yang mau ke Jakarta tiba-tiba saja ingin makan gulai ikan mas. Jadi saja langsung menuju pasar dan mencari apakah di pasar ada yang jual rebung (Iwung = sunda), eits…karena gulai ikan mas tanpa rebung rasanya kurang lengkap dan saya sering batal membuatnya kalau rebungnya nihil.

Tidak seperti menjelang lebaran kemaren yang sangat susah mendapatkan rebung, pagi ini langganan keluarga kami menjualnya. Langsung saja beli rebung 4 bungkus (Rp. 5,000.), Ikan Mas 2 kg ( 3 Ekor, Rp.36,000), Petai 4 papan (Rp.5,000), cabe keriting giling 1,5 ons, Kelapa parut (yang sudah tua/tempurung hitam dan jangan dikerok) 2 buah (Rp.7000). Lengkapi deh dengan cabe rawit, bawang daun, bawang merah, bawang putih, tomat de el el….
Yuk sekarang bareng-bareng memasak Gulai Ikan Mas..
Bahan-bahan :

1. Ikan Mas 2 kilo (langsung dibersihkan oleh penjualnya dong,
cuci bersih dan beri Asam dan Garam)
2. Rebung/Iwung (Bambu….hee..hee..yang masih mudaaaaa
sekali)
3. Petei 4 Papan
Bumbu yang dihaluskan (di blender aja…gampang kok)
1. Bawang Merah 50-60 gram
2. Bawang Putih 5-6 Siung (yang besar ya..)
3. Jahe 2 Cm (dikrok kulitnya ya..)
4. Kunyit 2 Cm (juga dikerok ya…)
Belender deh ke empat bumbu diatas sampai halus
5. Cabe keriting giling halus (beli aja dipasar yang sudah digiling, banyak kok)
Bumbu-bumbu lain
1. Daun Salam 5-7 lembar
2. Daun Jeruk 5-7 lembar
3. Garam : 1,5 sendok makan
4. Cabe Rawit (menambah penampilan cantik dan meningkatkan
rasa pedes)
5. Bawang Daun : diiris 1 cm
6. Tomat Apel 2 buah : diiris tipis
7. Bawang Merah utuh 6 Biji : diiris bagi 3-4
8. Asam Kandis 4 biji.
Cara Memasak :
Kelapa parut sebanyak 2 butir diperas untuk diambil santannya, peras sampai sari pati kelapa habis dan dapatkan santan kelapa tersebut menjadi 2-3 liter santan kelapa cair. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan cabe giling kedalam santan, masukan daun salam, daun jeruk dan asam kandis. Eits, jangan lupa garamnya dong, masak diatas kompor sampai keluar minyak. Selama memasak, santan harus diaduk terus sampai mendidih agar santan kelapa tidak pecah.
Setelah mendidih -/+ 10 menit, masukkan Rebung dan masak selama 10-15 menit. Setelah gulai berminyak, lalu masukan potgongan ikan yang sudah digarami dan diasami tersebut dan biarkan mendidih 10-15 menit.
Masukan irisan bawang merah, cabe rawit dan petei (Ajib) biarkan 2-3 menit. Tambahkan bawang daun dan irisan tomat. kecil api kompor dan biarkan selama beberapa menit sampai semua bumbu meresap. Sekarang kita siap makan gulai Kepala Ikan Mas.
Eehhhmmmm….lapar deh.. Akhirnya saya susah berhenti..sampai 3 kali bolak balik nambah nasi. Setelah berkurang 3-4 kilo selama puasa kemaren, kayaknya akan bertambah lagi dengan cepat berat badan nih. Bagaimanakah cara menguranginya..? (how to reduce it?) lemak dan resikonya yang ada dalam tubuh…?
Selamat mencoba dan menikmatinya..
Salam,
Dapur Minang