Dari judul diatas, Asinan Bogor kayaknya lucu juga ya kok dapur minang menyajikan Asinan Bogor..? Ya iyalah, khan masih ada tempat sebagai kuliner Nusantara he..hee..heee. Lagian saya juga bagian dari masyarakat sunda umumnya dan Bogor khususnya. Lho koq bisa..? ya bisa aja lagi, wong istri saya juga asli orang Sunda (Bogor). Wo alah..baru pcaya deh.

Siapakah yang pernah ke Bogor dan ngga mengenal Asinan Gedung Dalam…? Keterlaluan banget deh. Siapa yang ngga suka dengan Asinan tersebut…? Ah kayaknya semuanya pada menyukainya, termasuk saya. Dulu saya suka mbeli Asinan Gedung dalam untuk dibagikan teman-teman dan kolega, waktu harga masih 5 ribuan s/d 10 ribuan. sekarang sih udah 15 ribu perak kali sebungkus.

Disini saya ingin berbagi kepada pencinta Kuliner Nusantara Resep Asinan Bogor versi Gedung Dalam (rasa nggak kalah-kalah ama). Resep ini sebenarnya belum lama saya dapatkan, tetapi sudah 3 kali dipraktekan dan hasilnya mak Nyus. Pertama saya praktekan tanggal 6 Oktober 2008, dan yang kedua kalinya tanggal 27 Desember 2008 yang lalu.
Ceritanya, anak dan ponakan (Gina Azkia dan Nauli) kami ingin membuka stand kelas enam pada acara Pekan Muharram 1430 H di SD Inka Bogor, dimana setiap murid dituntut oleh sekolah belajar berwiraswasta/berdagang dengan menyediakan stand/meja per kelas anak. Mereka bingung juga mau jualan apa di stand tersebut, akhirnya saya tawarkan jualan Asinan Buah saja, mereka setuju untuk jualan Asinan. Walah, mikir juga lagi liburan gini harus nyari bahan-bahan buat Asinan, apalagi jam 08.00 pagi Asinan Buah segar harus sudah siap di pajang. Demi anak-anak sih yang apa boleh buat, harus siap bangun jam 03.00 pagi untuk menyiapkannya.

Bahan-bahan yang saya buru dipasar Bogor untuk Asinan Buah Lezat versi Gedung Dalam adalah sebagai berikut :

Bahan utama buah-buahan :

1. Bengkuang 4 kg @ Rp. 3,000 Rp. 12.000
2. Mangga Mengkal 3 kg @ Rp. 4,000 Rp. 12.000
3. Kedondong 3 Kg @ Rp. 3.000 Rp. 9.000
4. Timun 3 kg @ Rp. 5.000 Rp. 15.000
5. Nanas 4 bh @ Rp. 2.500 Rp. 10.000
Subtotal Total Bahan Rp. 58.000

Bahan-bahan untuk Kuah :

1. Gula pasir 2 kg @ Rp. 7.000 Rp. 14.000
2. Cabe merah bsr 1/2 kg @ Rp.14.000 Rp. 7.000
3. Jeruk peras 2 kg @Rp. 5.000 Rp. 10.000
Subtotal bahan Kuah Rp. 31.000

Total Belanja Rp. 91.000

Cara pengolahan :

1. Bahan buah : Mangga, Kedondong, Bengkuang dan Nanas dikupas kulitnya dan dipotong- potong sesuai ukuran yang diinginkan. Masing-masing irisan buah dipisah. Timun
diiris sesuai dengan bentuk diinginkan, tanpa mengupas kulitnya.

2. Pembuatan Kuah/Bumbu :

Sebanyak 2 kg Gula pasir dilarutkan dalam 1 liter air dengan dididihkan diatas kompor. Gunakan larutan gula yang sudah dingin/hangat kuku untuk menggiling 1/2 kg cabe merah besar yang sudah dibersihkan tangkainya. Gunakan Blender dan giling sampai halus sekali. Kemudian Saring gilingan cabe dengan saringan yang agak kasar. Ampasnya kemudian di Blender sekali lagi dengan menambahlan larutan gula, saring kembali dan satukan Hasil air Cabe giling yang sudah disaring tersebut. Ampasnya buang saja….jangan dimakan ya…? Jeruk peras sebanyak 2 kg diperas dan diambil airnya dan saring.

Sekarang masukan semua bahan-bahan buah yang sudah dipotong-potong kedalam wadah yang cukup besar. Masukan Larutan gula, larutan cabe giling dan peresan air jeruk. Tambahkan garam 4 5 sendok makan. Campuran diatas diaduk-aduk agar bahan bercampur merata. Diamkan 1/2 sampai 1 jam…hmmmm…hmmmm sekarang kita udah siap untuk menikmat Asinan Gedung Dalam versi dapur minang…heee…hee

Dari bahan-bahan tersebut diatas dengan modal Rp.91.000, didapatkan Asinan Buah sebanyak 43 bungkus dengan harga jual @ Rp. 5,000 / bungkus. Hasil penjualan Rp. 215.000. Yah lumayan juga. Eitss.. ini anak-anak nggak pada mau jualan dengan alasan berat dan lebih asyik nonton pertunjukan…wah..wah…terpaksa ibunya yang jualan. Wong yang jualan ibunya, ya jualannya pun setengah maksa deh…setiap orang tua murid lewat disuruh beli…ya wajar aja ludes 43 bungkus..heee..heee. Laris manis tanjung kimpul…Asinan Abis duitnya buat jajan anak-anak disekolah..hee..hee..ngga apa-apa kok. Puaasssss.

Ternyata membuat Asinan Buah ala Gedung Dalam cukup simple dan sederhana, rasanyapun Mak Nyus dan Siippp. Jeruk peras berguna sebagai pengganti cuka. Ini menjamin Asinan Buah lebih sehat dan aman dikonsumsi untuk lambung…

Selamat mencoba dan silakan berikan komentarnya.

Salam,