resep sahurResep Sahur yang Berenergi
Selama bulan puasa Anda sebaiknya banyak menyantap sayuran, buah, dan havermut. Sayuran, buah, dan havermut banyak mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Nasi juga bisa menjadi makanan penambah energi. Hanya, sebaiknya porsinya tidak terlalu banyak. Dan, jangan lupa untuk menyertakan makanan kaya protein, dan sayuran. Anda bisa mencoba menyantap Nasi Tim Ayam Jamur untuk sahur. Hidangan ini bisa jadi pilihan buat resep sahur untuk keluarga. Sehat dan mengenyangkan lebih lama!

Bahan nasi tim:
2 sdm minyak untuk memumis
2 sdt minyak wijen
3 siung bawang putih, memarkan
½ butir bawang bombay, iris tipis
3 cm jahe, iris tipis
300 gram beras
1 sdt garam
750 ml air

Tumisan ayam:
3 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
½ butir bawang bombay, iris halus
200 gram daging ayam cincang
15 gram jamur merang, iris tipis
1 sdt merica bubuk
4 sdm kecap manis
3 sdm kecap asin
1 buah bunga pekak
125 ml air

Kuah: (Campur jadi satu, lalu didihkan)
500 ml kaldu ayam
Garam secukupnya
¼ sdt merica bubuk
1 tangkai daun bawang, iris halus

Cara membuat:
Nasi tim: panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum. Masukkan beras. Aduk rata. Tuang air dan beri garam. Masak sambil sesekali diaduk sampai air habis. Angkat dan sisihkan.

Tumisan: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan daging ayam cincang dan jamur. Aduk sampai ayam berubah warna. Beri merica, kecap manis, kecap asin, bunga pekak dan air. Aduk rata. Masak sampai matang dan kuah kental. Angkat dan sisihkan.

Oles mangkuk alumunium/keramik dengan minyak goreng. Isikan beberapa sendok tumisan kedalamnya. Beri nasi di atasnya, lalu padatkan. Kukus selama 1 jam. Angkat. Sajikan nasi tim bersama kuahnya.

sumber : vivanews.com